Thursday, April 28, 2005

Gisnet Professional

Apakah Gisnet Professional itu ?

Gisnet Profesional adalah institusi yang menawarkan solusi di bidang survei dan pemetaan secara digital. Kegiata utama kami adalah memberikan pelatihan GIS, GPS dan Remote Sensing, konsultasi dan jasa pembuatan peta digital, serta studi lingkungan seperti pemetaan lahan kritis, penyusunan RTL RLKT DAS, pemetaan present landuse menggunakan data foto satelit, studi perkotaan, dll.

Kami juga menyediakan data penginderaan jauh seperti citra satelit Landsat untuk seluruh Indonesia. Khusus untuk data Landsat archive*, kami tawarkan dengan harga sangat menarik yakni mulai dari Rp. 700.000. Saat ini data Landsat archive kami berjumlah tidak kurang dari 200 scene** meliputi wilayah seluruh Indonesia, perekaman tahun 1999 hingga tahun 2003. Data archive sangat sesuai bagi mahasiswa maupun lembaga studi perguruan tinggi.

* Data Landsat archive: Data hasil perekaman satelit Landsat yang sudah pernah diorder oleh institusi atau orang lain, dan sekarang tersimpan dalam arsip/database kami.

** Scene: satuan ukuran citra satelit Landsat. Satu scene lebih kurang setara dengan luasan satu Pulau Bali.

Siapakah “di belakang” Gisnet Professional ?

Gisnet Profesional adalah kumpulan para profesional di bidang GIS (Geographic Information System) yang bekerja self employed secara penuh dan menjalin kerjasama profesional secara outsourcing. Pola ini merupakan pola baru dari institusi konsultan pemetaan yang diadopsi dari pola para konsultan hukum. Dengan pola ini, yang kami tampilkan adalah pengalaman individual dari masing-masing profesional pemetaan.

Siapakah ‘motor” Gisnet Professional?

Gisnet profesional digagas oleh Anang Tri Nugroho, sarjana sains dari Jurusan Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi, UGM. Setelah bekerja di konsultan survei dan pemetaan sejak 1996, maka pada tahun 2001 memutuskan untuk menjalani profesi ini secara self employed dengan mengedepankan pengalaman dan bekal pendidikan yang dimiliki.

Pelatihan yang pernah diikuti diantaranya Marine Resources Evaluation Project (BAKOSURTANAL), GIS on the Web (LAPAN) dan Training Global Positioning System dari Trimble Corp, Singapura.

Sertifikat yang dikantongi adalah sertifikat selaku Assesor dari Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI). Untuk profesi assessor (penilai lapangan) ini, Anang Tri Nugroho bertindak selaku tenaga ahli di PT. SUCOFINDO dan bertugas menilai kinerja unit manajemen para pengusaha Hutan Tanaman Industri, disamping melakukan berbagai studi AMDAL untuk kegiatan kehutanan.

Institusi yang pernah menjalin kerjasama diantaranya JICA, LEMIGAS, PT. Inhutani II, Forest Watch Indonesia, Dinas Kehutanan Kab. Kediri, PT. Sucofindo, Departemen Kehutanan RI, Institut Teknologi Indonesia, Fakultas Geodesi UGM, ITN Malang, dll.

No comments:

Blog for My Home Business

Jejak Geografer